Tube Settler – Inilah Solusi Untuk Pengelolaan Air Limbah

Utamanya di kota besar, sistem pengelolaan air limbah sudah harus ditangani secara maksimal dan profesional. Ini terjadi karena luas lahan yang tersedia tidak terlalu besar. Sehingga penggunaan tube settler menjadi salah satu solusinya.

 

Sementara itu, kebutuhan akan air bersih semakin lama, cenderung meningkat. Untuk itu, penggunaan benda berbentuk sarang tawon tersebut dalam metode lamella, sangat membantu.

Solusi dan Tutorial Pengelolaan Air Limbah

Tube settler sendiri merupakan sebuah media yang umum digunakan untuk membantu proses pengelolaan air limbah. Keberadaannya mampu membuat proses pengendapan air limbah berjalan dengan baik.

 

Sehingga, proses pengelolaan air limbah bisa segera lanjut ke tahap selanjutnya. Berikut ini adalah uraian tentang cara pengelolaan air limbah dengan sistem Lamella. Simak dan perhatikan secara seksama.

1.    Siapkan kolam untuk tempat mengendapkan air awal. Di kolam ini tentunya telah terpasang berbagai media yang mendukung pengelolaan air dengan sistem Lamella Clarifier dengan derajat kemiringan mencapai 30 derajat.

2.    Setelah kolam siap, alirkan air limbah yang akan diproses. Isi penuh kolam dengan mengalirkannya dari arah bawah. Biarkan air dalam kolam awal ini sampai luber dengan sendirinya.

3.    Setelah air meluber, alirkan kembali air menuju kolam sedimentasi dengan sistem saluran terbuka berbasis V-Notch Weir. Disinilah penggunaan wadah berbahan PVC dengan bentuk seperti sarang tawon diandalkan.

4.    Air yang akan masuk menuju kolam sedimentasi akan masuk perlahan dan tersaring dengan sendirinya sebab penggunaan tube tersebut.

Hal ini otomatis terjadi, akibat bentuk wadah tube yang memiliki banyak gelembung, dan mengendap paling bawah akibat efek gravitasi. Sehingga nantinya, air yang terkumpul dari kolam sedimentasi menjadi jernih dan bebas lumpur endapan.

Endapannya sendiri wajib dibuang dan dikuras secara berkala. Tujuannya tentu saja supaya kolam pengendapan tetap berfungsi dengan maksimal.

 

Demikianlah pembahasan singkat tentang solusi pengelolaan air limbah, khususnya di kota besar. Pasalnya masih banyak yang tidak mengerti mengenai tata cara mengelola air limbah untuk menghasilkan air bersih.

 

Utamanya dengan metode Lamella Clarifier dan penggunaan media pengendapan sedimen berupa tube settler. Padahal pengelolaan air limbah dengan metode ini tergolongnya sangat mudah. Hubungi Kami untuk dapatkan aneka ukuran tube-nya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *