Mengenal 5 Perbedaan Sirup Jagung, Glukosa, dan Fruktosa

Sirup gula merupakan sebuah cairan yang didominasi oleh 60% gula. Biasanya, sirup ini digunakan untuk bahan campuran makanan dan minuman. Ada beberapa macam sirup gula yang bisa kita temui, misalnya saja seperti sirup jagung, sirup glukosa, serta sirup fruktosa. Lantas, apa saja sih perbedaan antara ketiganya? Berikut ini penjelasannya!

  1. Jagung memiliki gula dalam bentuk pati

Sama halnya seperti buah-buahan maupun sayuran biasanya, jagung pun mengandung gula. Akan tetapi, kandungan gula yang terdapat pada jagung berbeda dengan kandungan gula yang ada pada mangga, apel, maupun strawberry dan bahan pangan alami lainnya yang sudah langsung terasa manis apabila kita santap. Sementara itu, jagung pun memiliki bentuk pati yang akan terasa manis ketika menjadi sirup.

  1. Sirup jagung dibuat dari campuran enzim

Jadi, pati jagung sebenarnya tidaklah terasa manis, namun bisa diolah menjadi manis apabila rantai patinya diuraikan terlebih dahulu sehingga nantinya menjadi rantai sakarida yang lebih simpel. Untuk melakukannya, kita perlu mencampurkan pati jagung, enzim alfa-amilase yang dihasilkan dari bakteri Bacillus, serta air. Kemudian, nantinya akan ditambahkan juga dengan enzim gamma-amilase.

  1. Sirup glukosa tidak sama dengan gula pasir

Mungkin, masih banyak dari kita yang beranggapan bahwa sirup gula glukosa merupakan produk yang sama dengan sirup gula cair. Soalnya, sirup glukosa berperan sebagai sirup gula tambahan, sama seperti sirup jagung maupun sirup fruktosa. Untuk memanfaatkan sirup glukosa, maka kita bisa menggunakannya sebagai pengunci kelembaban yang ada pada produk-produk yang dijadikan bahan komersial.

  1. Sirup glukosa bisa dibuat dari bermacam-macam bahan

Jadi, kita bisa menggunakan aneka ragam bahan untuk membuat sirup glukosa, beberapa diantaranya seperti singkong, jelai alias barley, serta kentang. Bahkan, jagung pun sebenarnya juga termasuk salah satu jenis sirup glukosa loh!

  1. Sirup fruktosa mengacu pada sirup jagung tinggi fruktosa

Sirup yang satu ini dikenal sebagai high fructose corn syrup yang pembuatannya sama seperti sirup jagung biasa, yakni menguraikan pati jagung sehingga nanti menjadi glukosa.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *