LACAK Berbagi Menuju Cahaya 21 Tahun

Saat pandemi, menjaga immune tubuh itu wajib, bisa dilakukan dengan cara sederhana, dari kegiatan olahraga sampai berbagi bantuan sosial. Bisa dilakukan sendiri atau bersama kerabat, kolega, lingkungan dengan catatan tertib prokes.

Adalah LACAK alias Lion Air Charity oleh Awak Kabin, unit struktural awak kabin Lion Air Group yang berfungsi sebagai sarana kegiatan sosial dan kemanusiaan. Serangkaian peringatan hari jadi Lion Group, telah menjalankan salah satu kegiatan utama menyalurkan bantuan langsung kepada golongan lanjut usia (lansia) di Panti Kemah Bert Shalom, Serpong, Tangerang Selatan.

Kunjungan tetap mengutamakan dan menerapkan standar protokol kesehatan (prokes) ketat, terdiri dari wajib membawa cairan pembersih kuman pada tangan (personal handsanitizer), masker, sarung tangan (gloves) dan pelindung wajah (faceshield) serta menjaga jarak antar tim dan keluarga (penghuni) panti.

Gerakan “Berbagi Kasih dan Kepedulian Antar sesama, Menuju Cahaya 21 Tahun” bertepatan momentum Hari Ulang Tahun (HUT) 21 Tahun Lion Air, sebagai wujud rasa terima kasih atas pencapaian bisnis dan operasional selama ini.

Sebagai aksi membentuk rasa kemanusiaan antara sesama manusia, dapat membina hubungan baik kekerabatan secara personal serta perusahaan kepada lembaga sosial, sehingga mewujudkan rasa cinta kasih, rasa saling menolong, rasa saling peduli kepada lansia yang sedang membutuhkan uluran tangan.

Saling membantu terhadap sesama di lingkungan sekitar, sekaligus motivasi internal khususnya awak kabin Lion Air, membutuhkan rasa kekeluargaan karena hidup berdampingan di masyarakat majemuk.

Dalam kunjungan tersebut awak kabin membagikan pengalaman dan mengenai upaya-upaya dalam menjaga kesehatan meliputi penerapan protokol kesehatan, menjaga pola tidur, konsumsi sehat, olahraga ringan dan lainnya. Selain itu, agar suasana menyenangkan, untuk menghibur para lansia dilakukan cara bercerita dan bernyanyi bersama serta doa bersama.

Kunjungan ke rumah lansia juga menjadi pembelajaran dan pengetahuan bagi awak kabin Lion Air yang tergabung dalam komunitas sosial – LACAK dan terlibat langsung, kesempatan bertemu dengan banyak orang (berbagai kalangan), menjadi satu tim yang solid, berteman akrab. Dengan demikian, peluang untuk  bertukar pikiran dan saling belajar semakin luas.

Dengan melihat langsung kondisi sosial di sekitar diharapkan meningkatkan kesadaran dan  mampu mengupayakan perubahan, menumbuhkan rasa guna menghargai hidup, diri sendiri dan orang lain tanpa memandang status sosial dan ekonomi. Dengan demikian, akan mampu menghadapi setiap persoalam lebih bijak.

Panti Kemah Beth Shalom berpenghuni 28 orang lansia dan 4 (empat) orang pengurus panti. Menurut Hana dan Suandi selaku pengurus panti, Panti Jompo dan Asuhan Beth Shalom berdiri selama 8 tahun. Panti memiliki kegiatan rutin berupa field trip dan sekolah gratis, namun sejak pandemi COVID-19 kegiatan dihentikan sementara. Panti juga melayani kebutuhan ayam kampung potong dan sayuran organik bagi lingkungan sekitar.

Kunjungan LACAK dipimpin Chief Flight Attendant Riska Dewi, Pras Rendy dan Dwi Afriyanti serta awak kabin. *

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *