Bikin Desain Rumah Unik dengan Material Corten Steel

jarocin.info, SOLO —  Corten steel atau weathering steel merupakan baja yang diciptakan melalui proses pelapukan. Awal mulanya diperkenalkan oleh seorang arsitek bernama Eero Saarinen di Moline, Illinois pada konstruksi gedung John Deere World Headquarters.

Proses pelapukan bertujuan supaya lapisan pelindung dari cuaca dapat terbentuk pada lapisan luar baja. Tidak adanya finishing cat pada baja membentuk tampilan karat yang terlihat seperti baja yang sudah berkarat termakan cuaca bertahun-tahun. Lapisan pelindung pada permukaan akan terus berkembang dan meregenerasi saat terkena perubahan cuaca.

Hal ini karena baja memang dibiarkan berkarat sehingga membentuk lapisan pelindung. Baja corten memiliki daya tahan korosi yang lebih baik dibandingkan dengan jenis baja lainnya. Material baja ini juga memiliki kekuatan tarik atau sifat mekanik yang baik.

Ada Pilihan Warna Menarik

Corten Steel diklaim memberikan 30% peningkatan sifat mekanik dan lebih tahan cuaca 4 sampai 8 kali lebih baik daripada baja karbon konvensional. Ada dua jenis corten steel yang paling umum, yakni corten A dan corten B. Corten A digunakan untuk aplikasi estetika dan tidak direkomendasikan untuk aplikasi bantalan beban yang berat. Corten B banyak digunakan untuk kontainer, cerobong asap, konstruksi kereta api, dan lain-lain. Yuk, simak info mengenai corten steel lebih rinci seperti dikutip dari ruparupa.com.

Corten steel menjadi pilihan material karena beberapa alasan, yaitu:

1. Hemat Biaya
Corten Steel tidak menggunakan lapisan pelindung atau cat sehingga menghemat biaya finishing dan perawatan yang menghabiskan biaya tak sedikit.

2. Perawatan Mudah
Bagi kamu yang suka dengan material yang tak ribet perawatannya, Corten Steel ini sangat cocok digunakan untuk material jembatan dan sejenis lainnya dengan akses yang sulit dan berbahaya. Untuk perawatannya, kamu hanya perlu mengecek serta membersihkannya saja.

3. Menarik
Penggunaan corten steel mempunyai beberapa pilihan warna sehingga terlihat lebih menarik.

4. Hemat Waktu
Corten steel ini tidak memakan banyak waktu karena pemasangannya tidak terlalu sulit.

5. Ramah Lingkungan
Penggunaan corten steel disebut-sebut sangat ramah lingkungan.

Penerapan Corten Steel

Nah, bagaimana penerapan corten steel pada berbagai benda? Berikut contoh-contohnya:

Pot Tanaman
Material corten steel juga dapat dijadikan hiasan rumah. Contohnya penerapan material corten steel pada pot tanaman. Selain unik, mampu juga memperindah ruangan.

Pagar
Anda dapat menggunakan corten steel sebagai material pagar. Anda dapat membuat pagar dengan desain pagar yang pendek atau pun pagar tinggi sesuai dengan desain rumah Anda.

Pembatas
Corten steel ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai pembatas atau sekat yang biasa dipasang pada bagian dalam rumah maupun luar rumah. Anda bisa memberi pembatas pada area dapur dengan area ruang keluarga.

The post Bikin Desain Rumah Unik dengan Material Corten Steel appeared first on solopos.com.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *