5 Hobi Seru untuk Menghibur Diri Selama PPKM Darurat

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa dan Bali membuat aktivitas menjadi terbatas hanya di rumah.

Selama masa ini pula, berbagai hobi unik tentu akan dilakukan kembali di rumah. Untuk mengingatkan kembali, berikut ini 5 hobi atau aktivitas yang bisa dilakukan di rumah selama PPKM. Apa saja?

Berkebun

Di awal masa PSBB, salah satu yang menjadi kendala adalah akses bagi bahan makanan segar. Jadi  banyak yang mulai menyiasati dengan membuat kebun lahan terbatas sendiri (urban farming) di rumah dan akhirnya menjadi salah satu hobi yang paling diminati oleh masyarakat.

Tanaman bumbu, sayur mayur dan buah merupakan sebagian tanaman yang banyak dicari untuk pemenuhan kebutuhan pangan sekaligus menghias rumah.

Berbagai metode berkebun seperti sistem hidroponik, vertical garden, menanam dalam pot memungkinkan kita untuk melakukan aktivitas berkebun di rumah.

Mendekorasi rumah

Selain berkebun, Anda juga bisa mempercantik rumah dengan mendekorasi ulang atau menata ulang furnitur atau bahkan mengecat ulang dinding dengan warna-warna baru.

Dalam masa PPKM, sebagian mungkin akan tetap berada di rumah. Banyak konsumen yang mengambil kesempatan untuk mendapatkan suasana baru di rumah dengan harga yang lebih terjangkau dan membuat rumah lebih nyaman.

Memasak

Salah satu perubahan perilaku yang terjadi adalah bagaimana masyarakat mulai kembali ke masakan rumah. Segala tips, trik, resep memasak sudah siap sedia melalui akses di smartphone.

Ini dapat dilihat dari adanya peningkatan di beberapa kategori seperti ‘Large Appliances’ meningkat 22%, ‘Small Appliances’ meningkat 46%, dan ‘Kitchen and Dining’ meningkat 28%. Data ini menunjukkan bahwa semakin banyak konsumen yang memilih untuk memasak di rumah.

Olahraga di Rumah

Tinggal di rumah selama PSBB bukan berarti melupakan kebugaran tubuh. Menjaga kesehatan badan merupakan salah satu prioritas tertinggi selama masa pandemi.

Banyak konsumen yang mulai membuat gym pribadi di rumah agar tetap dapat berolahraga dengan maksimal. Peralatan olahraga seperti barbel, resistance bands, yoga mat adalah beberapa peralatan populer dan banyak dicari dan dibeli dalam kategori alat-alat olahraga.

Gaming

Absennya kegiatan nge-mall dan hangout di coffee shop membuat banyak konsumen beralih ke gaming sebagai entertainment utama dalam menghalau kebosanan.

Bahkan tidak sedikit yang mungkin mulai melihat gaming sebagai salah satu hobi dan mungkin bisa menjadi profesi di masa depan.

Hal ini didukung oleh WHO dimana bermain game sangat dianjurkan untuk menjaga kondisi mental dan mengusir kebosanan selama melakukan aktivitas di masa pandemi.(*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *